Berita Hari Ini : Artapela, Surga Tersembunyi Disudut Kota Kembang



(Newsteen) - Eksotisme dan romantisme memang udah jadi ciri khas wisata Bandung. Ya, lagi-lagi kita ngomongin Bandung, memang tempat menarik di Bandung itu gak ada abisnya ya sobat Teeners. 

Seperti beberapa waktu lalu saya dan teman-teman saya touring ke Bandung, tujuan utama kita yaitu mendaki ke puncak Sulibra Gunung Artapela. Mungkin sebagian besar sobat Teeners, mendengar nama gunung artapela masih terasa asing ditelinga bukan?

Gunung Artapela ini berada di daerah Sukapura, Kertasari, yaitu sebuah kawasan yang berdekatan dengan sejumlah tempat wisata di Pengalengan seperti Situ Cileunca Pengalengan dan Gunung Puntang. 

Perjalanan dimulai jam 12 malam dari salah satu rumah teman saya di kawasan Ciledug Tangerang dengan jalur Ciledug-Ciputat-Bogor-Cianjur-Padalarang-Bandung-Pengalengan-Sukapura. Dengan modal nekat dan google maps kita pun berangkat. Oya anggota touring kita yaitu 8 orang dengan 4 motor.



Sekitar jam 6 pagi kita baru sampe di pom bensin padalarang, dan di pom bensin ini kita dijemput sama temen yang tinggal dibandung, ceritanya buat jadi leader karna tau seluk beluknya Bandung….hahaha. 

Setelah lewatin kabupaten Bandung, masuk perkampungan, trus offroad di kebun teh akhirnya kita sampe juga. Sampe dimana? Dikebun kentang guys…ternyata kita salah jalan.
Setelah tanya-tanya sama si akang yang kerja di ladang kentang dan sama si ibu penjaga warung, katanya jalur resminya sekian belas kilometer lagi dari sini tapi karna udah terlanjur kesini dan temen-temen udah pada kecapean akhirnya kita lewat jalur illegal (jangan ditiru ya guys) yang dikasih tau sama si akang yang baik hati (lupa namanya siapa…hampura kang, hehehe). 

Karna jalur illegal kita pun gak dikenakan simaksi atau tiket masuk yang seharusnya kita bayar seharga 5000 per orang, tapi ternyata banyak juga yang lewat sini loh mulai dari remaja lokal sampe para pelajar dan pecinta alam juga. 


Untuk sampe di puncak Sulibra dengan ketinggian mencapai 2.194 mdpl ini kita cuma butuh waktu sekitar 2,5 jam, padahal kalo kita lewat jalur resmi bisa sekitar 4-5 jam pendakian tapi kalo sobat Teeners lewat jalur resmi nanti kalian akan diberi 1 benih pohon perorang untuk ditanam di sekitar puncak (Ini nih baru namanya petugas gunung yang baik, gak cuma mikirin berapa jumlah pendaki yang datang tapi juga mikirin keasrian gunung tersebut, Mantap Jiwa…hehe).

Gunung Artapela memiliki pemandangan yang indah, cuaca yang sangat sejuk, jadi gak heran kalo tempat ini digemari oleh para pecinta alam. Artapela sendiri saat ini masuk sebagai salah satu gunung tropis yang udah gak aktif lagi. Disini kalian juga bisa menyaksikan sunrise dan sunset sekaligus juga kerlap kerlip lampu kota kalo cuaca lagi bagus.

Sesampainya dipuncak ternyata udah ada beberapa tenda yang berdiri. Cuaca mulai gelap, kita pun langsung mendirikan tenda dan buat cewe-cewenya seperti biasa (Masak dulu cyiiin…hehe).




Eksotisme pemandangan alam nan hijau, dengan hiasan kabut yang seperti tak mau pergi dari puncak Sulibra yang memiliki luas 40 hektar dengan ditumbuhi ilalang ini membuat pagi saya terasa berbeda, mata pun tak bisa lepas dari keindahannya yang memukau. 

Apalagi ditemani secangkir coklat hangat, semuanya terasa sempurna, damai dan sejuk. Walopun sunrisenya ketutup kabut tapi tak apalah, semua keindahannya sebanding dengan perjuangan menuju tempat ini.

Debbie Fransiska H


Komentar