Berita Hari Ini : Cara Jenius Lebih Produktif Di 2020


(Newsteen) – Tahun akan segera berganti, lalu apakah kita sudah upgrade diri, menyambut tahun yang baru ini. Simak tips berikut agar menjadi lebih produktif di 2020 :

1. Stop Multitasking

Rasanya kita ingin mengerjakan banyak hal dan menyelesaikan semuanya sekaligus, tapi ingat kunci untuk bisa efektif adalah dengan fokus pada satu hal. Antisipasi godaan melakukan lebih dari satu hal sekaligus. "Produktivitas akan menurun ketika kamu multitasking," tutur  ahli produktivitas Jandra Sutton.  “Fokuslah pada satu hal di waktu itu.”




     2. Delegasikan Lebih Banyak.

Lihat orang-orang sukses seperti  CEO, bintang rock, atau atlet Olimpiade. Anda pikir mereka melakukan semuanya sendiri? Tentu saja tidak. Untuk meningkatkan produktivitas, Anda harus delegasikan pekerjaan Anda. Fokus hanya pada tugas yang memang penting untuk Anda, dan temukan cara untuk membuat orang lain melakukan sisanya untuk Anda. Ini dilakukan agar Anda tidak stress.


3. “Aturan Dua Menit”

David Allen, penulis buku Getting Things Done, punya rumus "aturan dua menit.” Maksudnya, jika suatu pekerjaan hanya butuh waktu dua menit atau kurang untuk dikerjakan, maka jangan ditunda, lakukan sekarang juga. Ketika Anda ingat, perlu mengirim email atau membuat reservasi contohnya, jangan menambahkan itu ke daftar tugas Anda, tapi lakukan sekarang juga.

     4.  Olahraga

Anda akan punya tabungan energi  jika Anda rajin berolahraga. Olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati. Jadi berhentilah membuat alasan untuk tidak berolahraga.

     5. Meditasi

Meditasi  bisa menjernihkan pikiran dan membuat Anda lebih rileks. Studi tahun 2018 dari Psychological Science menunjukkan meditasi dapat meningkatkan fokus seseorang di sepanjang hari mereka.



     6. Tidur Yang Cukup & Bangun Pagi

Studi tahun 2014 yang diterbitkan jurnal Cognitive Therapy and Research menemukan bahwa mereka yang tidur lebih malam cenderung punya pikiran negatif yang berulang. Peneliti juga menemukan bahwa mereka yang bangun lebih pagi cenderung lebih gigih, kooperatif, bahagia, dan juga teliti.

So, apakah Teeners sudah siap menyambut tahun 2020??

Ratu Tiara



Komentar