Berita Hari Ini : Korean Wave Gusur Western Wave??

(Newsteen) – Pada tahun 2009 lagu Lady Gaga berjudul “Bad Romance” hampir bisa kita dengar dimana-mana. Di seluruh dunia orang-orang pun berebutan antri tiket bioskop untuk menonton film “Avatar.”

Satu dekade berlalu dan kini dunia telah berubah, produk-produk kreatif yang dahulu didominasi dari barat kini beralih ke Asia Timur terutama Korea Selatan. Ditambah dengan  munculnya trend “Gangnam Style” yang dibawakan oleh rapper Korea Selatan PSY.


Majalah mode berbahasa Inggris "Vogue" dan "Elle" sekarang secara teratur menampilkan produk kecantikan Korea Selatan, yang didukung oleh aktris Drew Barrymore dan Emma Stone.

"Asia menjadi kekuatan budaya yang saat ini tumbuh secara signifikan," kata juru bicara konsultan McKinsey.

Pemerintah Korea Selatan mendukung ekspansi budaya negeri ginseng tersebut, karena melihat itu sebagai kendaraan dan cara untuk meningkatkan reputasi bangsa.



Pada 2010, Jepang juga mengumumkan akan mengucurkan 19 miliar yen ke sektor kreatif pada 2011 untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dari industri kreatif, seperti anime, desain grafis, film, dan mode.

Tapi untuk penggemar alasannya sederhana, itu karena budaya pop Asia Timur memang menghibur.

Diketahui jika boyband BTS bisa mempertahankan eksistensinya, grupnya mampu menyumbang 48 miliar dolar AS ke negaranya pada 2023. 

Ratu Tiara




Komentar