Berita hari Ini : 7 Tempat Wisata Ngehits di Brebes


(Newsteen) - Brebes….kota kecil dengan sejuta kenangan. Di kota ini saya lahir, di kota ini pula saya di besarkan. Hingga akhirnya saya harus pergi, namun untuk kembali, hehehe… 

Sudah hampir 4 tahun saya merantau di kota Metropolitan untuk menganyam pendidikan dan bekerja, tapi nyatanya saya lebih betah tinggal di kampung halaman. 

Tapi taukah kalian? Kini wajah Brebes semakin berseri dengan bermunculan tempat-tempat wisata baru yang gak kalah keren dengan tempat wisata di kota lainnya. Penasaran? Berikut tempat wisata di Kota Brebes bagian Selatan yang pernah saya datangi :

     1. Ranto Canyon



Hampir sama dengan Green Canyon tapi dalam versi mini nya, terletak di desa Winduasri kecamatan Salem Kabupaten Brebes. 

Buat Sobat Teeners yang suka melakukan aktivitas outdoor seperti body rafting, Ranto canyon bisa jadi pilihannya. Dengan panjang treck sekitar 800 meter, kalian akan disuguhi pemandangan alam yang sangat eksotis, dikelilingi dengan tebing-tebing tinggi yang disalah satu spotnya terdapat tempiasan air yang jatuh dari bibir tebing ke aliran sungai membuat pemandangannya semakin menawan.

2. Bukit Panenjoan



Bukit panenjoan ini terletak di desa Wanoja, Salem, Brebes. View terbaik yang disuguhkan bukit panenjoan yaitu saat matahari terbit (sunrise) dengan hamparan pegunungan hijau yang diselimuti kabut tipis. 

Terakhir saya kesini yaitu awal 2016, tempatnya masih sepi, belum ada fasilitas apa pun kecuali semacam gardu yang terbuat dari kayu dan sewaktu-waktu kita bisa melihat bugung elang dari gardu tersebut. 

Untuk masuk kawasan ini saat itu belum dikenakan biaya sepeser pun.

3.Kalibaya / Hutan Pinus Lio



Terletak dikawasan Puncak Lio, Salem. Puncak lio sendiri didominasi oleh hutan pinus yang cukup rapat. Terakhir saya kesini tempatnya masih sangat asri dan sejuk, view nya pun cukup bagus untuk dijadikan lokasi prewedding. 



Namun saat ini lokasi tersebut sudah dijadikan tempat wisata yang disebut Kalibaya. Terdapat banyak spot foto menarik seperti gardu pandang, rumah pohon, padang savana dan taman, ada juga berbagai permainan menarik lainya seperti ATV track.


4. Waduk Malahayu



Terletak di desa Malahayu, kecamatan Banjarharjo, Brebes. Waduk ini merupakan peninggalan zaman colonial Belanda yang difungsikan sebagai pengontrol banjir dan irigasi, yang juga dibuka oleh pengelola setempat sebagai tempat rekreasi.

Sudah tak terhitung saya mengunjungi tempat ini karena memang lokasinya dekat dari rumah, selain itu panorama hamparan hutan jati yang membentang dan pegunungan hijau yang mengelilingi waduk malahayu ini membuat siapa saja betah untuk berlama-lama menikmati pemandangannya.

5. Bukit Dadablangan Cawiri



Objek wisata Bukit Dadablangan ini berada di jln Cawiri, Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Brebes. Disini sobat Teenersbisa melihat langsung keindahan Waduk Malahayu dari atas saung atau rumah pohon yang disediakan oleh warung-warung warga setempat. 

Tiket masuk objek wisata ini pun masih cukup terbilang murah yaitu Rp. 5.000 saja.

6. Bukit Krikil



Sebenarnya tempat ini bukan tempat wisata pada umumnya, hanya gundukan tanah yang menyerupai sebuah bukit dikelilingi hutan jati dan sungai. 

Tapi pemandangan disini gak kalah keren loh, sobat Teeners bisa melihat keindahan hamparan hutan jati dan view desa Nambo dari ketinggian.

7. Red Bridge (Jembatan Merah)



Sama seperti bukit krikil, jembatan ini juga bukan objek wisata melainkan hanya sebuah jembatan yang menghubungkan antara 2 desa, tapi karna jembatan ini lumayan menarik untuk menjadi spot foto sehingga banyak masyarakat yang datang kesini hanya untuk berfoto di atas jembatannya.

So, apakah kamu siap explore ke Brebes??

Debby Fransiska H

Komentar