Berita Hari Ini : Keindahan Waduk Jati Luhur dari Puncak Gunung Lembu


(Newsteen) - Waduk Jatilihur ternyata bisa dinikmati dari puncak ketinggian Gunung Lembu, Purwakarta, Jawa Barat. Meskipun Gunung Lembu hanya berada di ketinggian 792 mdpl, tapi jalur pendakian cukup menantang.

Puncak Gunung Lembu terdapat sebuah batu besar yang dijuluki dengan batu lembu. Banyak orang yang bilang bahwa bentuk batu Lembu mirip seperti punuk Lembu. Lembu adalah hewan sejenis Sapi atau bisa juga disamakan dengan Banteng Hutan.

Lokasi Gunung Lembu Purwakarta berada di Kampung Panunggal Desa Panyindang Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat.

Persis berada di atas Waduk Jatiluhur Purwakarta. Gak heran jika banyak pendaki yang penasaran melihat keindahan Waduk Jatilihur dari Puncak Gunung Lembu.



Jalur pendakian yang didominasi oleh tanah merah ini, memang sudah dibuat berupa undakan anak tangga.

Tapi, tetap dibutuhkan ekstra hati-hati saat mendaki bila hujan, karena jalur sangat licin.

Rata-rata kemiringan jalurnya hampir 45 derajat. Bahkan ada juga beberapa bagian yang kemiringannya sampai 60 derajat.

Tanjakan demi tanjakan langsung menghadang kita sejak awal.

Ternyata Gunung Lembu ini kecil-kecil cabe rawit. Kita dibuat kelelahan di menit pertama. Jalur terjal seakan gak ada habisnya.

Sebenarnya kalo ingin sekadar menikmati alam terbuka, camping di lokasi Saung Ceria yang ada di bawah Pos I, juga sudah cukup.

Tanah lapang di sini bisa menampung banyak tenda. Gak heran kalo banyak pendaki yang justru memilih mendirikan tenda disini.

Namun tujuan kita memang bermalam di puncak. Akhirnya kita paksakan mendaki, meski harus berjalan pelan-pelan. Tapi di Pos 1 ini kita sempatkan berfoto dulu mumpung milkyway nya lagi bagus, hehe…



Gunung Lembu memang lebih rendah dari Gunung Parang dan Gunung Bongkok, namun medannya akan semakin terjal dan licin utamanya setelah turun hujan. Saat track basah, para pendaki harus lebih berhati-hati.

Nah, jalur mulai melandai saat sampai di Petilasan Jongrang Kalapitung. Penderitaan kita seakan berakhir.

Semakin ke atas, ternyata jalur pendakian semakin landai. Selain itu, banyak juga tanah lapang yang bisa digunakan untuk lokasi mendirikan tenda tapi sayang sudah penuh oleh tenda para pendaki lain.

Kita memilih tidak mendirikan tenda karena memang sudah menjelang pagi, jadi kita langsung ke Batu Lembu karena khawatir sudah ramai oleh pendaki.



Kita beruntung karna karna bisa menyaksikan sunrise yang sangat cantik dengan latar belakang Waduk Jatiluhur.

Panorama yang disajikan gunung Lembu memang sangat eksotis, selain keindahan waduk Jatiluruh dengan sunrisenya kita juga bisa menikmati keindahan gunung Bongkok dan Parang dari puncak gunung Lembu.

Debbie Fransiska H



Komentar