Berita Hari Ini : Apakah Indonesia Bisa Tumpas Corona?


(Newsteen) - Pada akhirnya bukan hanya tentang seberapa kuat IMUN seseorang tapi bagaimana ketahanan negara tersebut menghadapi wabah.

Indonesia dengan demografi yg besar dan beragam, selalu akan ada perhelatan kerumunan, bisa menyebabkan kemudahan penularan.

Yang dikhawatirkan bukan hanya tentang kesehatan seseorang. Tapi apakah rumah sakit di Indonesia dan perangkat tenaga medis siap jika sudah banyak yang terinfeksi?? Jika ini dibiarkan aktivitas ekonomi juga pasti terganggu.





Lihat Italia perbandingan kesembuhan dan yang meninggal sangat tipis dan menjadi negara kedua infeksi terbanyak, lalu negara adidaya sebesar US ternyata masih kalah penanganannya dari Singapura.





Karena Presiden Trump awalnya sempat meremehkan wabah ini.

Singapura dengan hasil nihil yang meninggal dan bisa menekan angka infeksi.

Karena Singapura sudah punya sistem, mereka belajar saat pandemi SARS lalu.



Sementara negara asal virus Cina perbandingannya bisa sangat kecil antara yang meninggal dan sembuh yakni  4% berbanding 82%.


Itu kenapa saat ini di Cina kondisinya sudah mulai membaik dan beberapa kawasan sudah mulai kembali di buka.

Semua ini pada dasarnya akan kembali kepada ketahanan sebuah negara : keseriusan pemerintah, kekompakan pemerintah pusat dan daerah, dan kewaspadaan masyarakatnya, kesiapan rumah sakit dan tenaga medisnya, dan informasi yang diterima warganya.

Ratu Tiara

Komentar