Berita Hari Ini : Kebiasaan Ini Memperburuk Otak Anda


(Newsteen) – Jika beberapa kebiasaan ini sering Anda lakukan, lebik baik hentikan sekarang juga. Karena akan berdampak buruk pada otak Anda. 
         
     1. Stop! Multitasking

Kirim pesan Whatsapp sembari jalan, membaca atau mendengarkan musik sambil mengantri.

Earl Miller, seorang ahli saraf mengatakan bahwa otak kita tidak terhubung dengan baik ke banyak tugas.

Ketika orang berpikir mereka melakukan banyak tugas, mereka sebenarnya hanya berpindah dari satu tugas ke tugas lain dengan sangat cepat .

Dan setiap kali mereka melakukannya, ada biaya kognitif yang harus dikeluarkan.

Multitasking juga meningkatkan hormon stres kortisol serta hormon adrenalin yang dapat merangsang otak secara berlebihan dan menyebabkan kabut mental atau pikiran kacau.

2. Terlalu Banyak Konsumsi Informasi

Banyaknya volume email dan notifikasi smartphone yang diterima serta aliran konten yang tidak dikelola dapat menyebabkan stres dan menyebabkan pengambilan keputusan yang berlebihan.

"Terlalu Banyak Informasi"  atau kelebihan informasi adalah gangguan terbesar dalam kehidupan modern," tulis Schumpeter dari The Economist.

     3. Terlalu Banyak Menatap Layar Gadget

Waktu yang kita habiskan untuk layar gadget dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental dan emosional kita.

Interaksi tatap muka semakin digantikan oleh alat digital. Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk  online dibanding sebelumnya.

Percakapan tatap muka sangat bermanfaat bagi otak.

Sebuah penelitian dari University of Michigan menemukan bahwa bahkan hanya 10 menit per hari percakapan dengan orang lain meningkatkan daya ingat dan kognisi.

Ratu Tiara

Komentar