Berita Hari Ini : 22 Mahasiswa Universitas Udayana Alami Kekerasan Seksual

 

(Newsteen) - Dua puluh dua mahasiswa Universitas Udayana mengaku mendapat kekerasan seksual di kampus, menunjukkan minimnya mekanisme untuk melindungi para korban di perguruan tinggi bergengsi tersebut.

Dalam keterangannya, SERUNI (Serikat Perempuan Indonesia) Bali mengaku menerima laporan kekerasan seksual dari 22 mahasiswa sejak 11 Juli. Tersangka pelaku meliputi guru besar, sesama mahasiswa, dan pegawai universitas, dengan bentuk kekerasan mulai dari pemerkosaan hingga pelecehan seksual, intimidasi seksual, dan online gender. kekerasan berbasis.

SERUNI Bali juga mengidentifikasi sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap kekerasan seksual yang terjadi di sekitar Udayana dan di luarnya, seperti budaya pemerkosaan dan pengalihan menjadi kesalahan korban.

“SERUNI Bali mengutuk keras tidak adanya perlindungan bagi korban kekerasan seksual di Universitas Udayana,” katanya.

Serikat pekerja tersebut selanjutnya mendesak dekan Universitas Udayana untuk mengeluarkan peraturan tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di kampus, sekaligus menyerukan kepada pemerintah Indonesia untuk mengesahkan RUU Pemberantasan Kekerasan Seksual (RUU-PKS).

Ratu Tiara 


Komentar