Berita Hari Ini : Pengguna Internet Indonesia Capai 197 Juta Orang

(Newsteen) - Tercatat ada 197 juta, atau 74 persen, dari populasi Indonesia, telah menggunakan internet tahun ini, naik 8,9 persen dari tahun lalu, karena pandemi Covid-19 mempercepat penggunaan pembelajaran online dikalangan siswa dan orang-orang di daerah terpencil, survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII pada Senin.

Kuartal kedua tahun lalu, jumlah pengguna internet diIndonesia adalah 171,2 juta, atau 64,8 persen dari 267 juta penduduk Indonesia.

Asosiasi tersebut melakukan survei dari 2 Juni hingga 25 Juni dengan mewawancarai 7.000 responden yang dipilih secara acak. Hasil survei tersebut memiliki margin of error 1,27 persen.

Sebagian besar responden mengatakan mereka menggunakan internet lebih dari delapan jam sehari untuk mengakses media sosial, aplikasi chat, perbankan, hiburan, dan belanja online. 

Mayoritas responden mengatakan lebih banyak menggunakan untuk akses pendidikan.

"Itu terkait pembelajaran online saat pandemi corona," kata Hendri Kasyfi, Sekretaris Jenderal APJII, Senin.

Sejak Maret, pemerintah mewajibkan sekolah mengadakan kelas online sebagai bagian dari upaya menjaga penyebaran virus corona baru. 

Kementerian Keuangan menyiapkan subsidi sebesar Rp 7,21 triliun akses mobile internet gratis bagi pelajar di seluruh Indonesia.

Ratu Tiara


Komentar