Berita Hari Ini : Alat Deteksi Covid 19 Instan Buatan UGM Siap Diedarkan

(Newsteen) - GeNose C19 alat deteksi Covid-19 instan yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan, membuka jalan bagi penggunaan publik, kata tim pengembangan universitas.

Berbeda dengan alat tes yang sudah ada, menggunakan darah, air liur, atau cairan hidung untuk mendeteksi penanda genetik virus corona baru, GeNose menganalisis napas seseorang menggunakan teknologi kecerdasan buatan,menawarkan proses yang jauh lebih cepat dan lebih murah dengan akurasi yang sebanding dengan tes yang ada.

"Alhamdulillah, GeNose C19 sudah resmi mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan dan mulai mendapat pengakuan dari regulator untuk digunakan dalam penanganan Covid-19," kata Kuwat Triyana, ketua tim pengembangan GeNose, dalam keterangannya di Jakarta.

"Dengan 100 unit batch pertama akan dirilis, kami berharap dapat melakukan 120 tes per perangkat atau total 12.000 orang per hari," kata Kuwat.

Perangkat GeNose menganalisis napas seseorang untuk mendeteksi senyawa organik yang mudah menguap yang menandakan infeksi virus corona baru. 

Tim tersebut mengklaim bahwa tes itu akurat hingga 95%, mirip dengan tes cepat antigen.

Ratu Tiara

Komentar