Berita Hari Ini : Buronan Bom Bali Baru Tertangkap Setelah 18 Tahun

 

(Newsteen) - Buronan kasus bom bali selama 18 tahun dan juga pemimpin kelompok ekstremis militan Asia Tenggara, Aris Sumarsono (Zulkarnaen) resmi ditangkap sehubungan dengan insiden Bom Bali I tahun 2002.

Kepala Bidang Humas Polres Irjen Argo Yuwono membenarkan penangkapan dilakukan di Kabupaten Lampung Timur, Sumatera pada Kamis (10/12) pukul 07.30 WIB.

Zulkarnaen telah diidentifikasi sebagai komandan kelompok teroris Jamaah Islamiyah. “Dia adalah Komandan Askari Jamaah Islamiyah dalam peristiwa Bom Bali I. Dia memimpin pasukan bernama Khost untuk melancarkan serangan di Bali, Poso, dan Ambon,” kata Argo saat diwawancara, Sabtu (12/12).

Pasukan Khusus 88 dari Kepolisian Indonesia menangkap buron tersebut di kediamannya di Lampung. Sebelumnya, polisi menawarkan hadiah sebesar Rp 500 juta kepada siapa pun yang mengetahui keberadaannya.

Kakak ipar buronan, Haris Santoso, mengaku nyaris tak berhubungan dengan Zulkarnean. Komandan ekstremis dikenal karena merekrut anggota untuk membantu melancarkan serangan terorisnya.

Latar belakangnya dalam fisika dan kimia menginisiasinya untuk melakukan tindakan tersebut dengan memprediksi dampak ledakan dan merakit bom.

Seiring dengan merenggutnya 202 korban jiwa saat Bom Bali 2002, Zulkarnean bertanggung jawab atas Ledakan Hotel JW Marriott pada 2003 dan pengeboman Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada September 2004.

Ratu Tiara

Komentar