Berita Hari Ini : Jokowi Resmikan Universitas Negeri Hindu Pertama Di Indonesia

(Newsteen) Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) yang mengubah Institut Agama Hindu Dharma (IHDN) di Denpasar, Bali menjadi universitas negeri Hindu pertama di Indonesia.

Peraturan tersebut menyatakan bahwa universitas baru, bernama Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, akan "menyelenggarakan program pendidikan tinggi Hindu" serta jenis program pendidikan tinggi lainnya.

Melalui peraturan yang disahkan minggu lalu, semua mahasiswa IHDN saat ini dikonversi menjadi mahasiswa UHN, dan semua aset lembaga dan karyawan dipindahkan ke universitas yang baru terbentuk itu.

“Perubahan status sudah ditetapkan melalui Perpres dan tinggal menunggu serah terima dari pemerintah pusat.

Saya sangat senang dan bersyukur,” kata Rektor IHDN I Gusti Ngurah Sudiana dalam keterangannya di situs resmi institut tersebut, Jumat.

Sudiana mengatakan, peraturan itu menandai momen bersejarah bagi umat Hindu di Indonesia. “Jelas ini menunjukkan bahwa Presiden Jokowi telah memberikan perhatian khusus kepada institusi pendidikan Hindu di Bali untuk meningkatkan kualitas human capital kita,” ujarnya. Karena itu, momen ini harus kita manfaatkan untuk menuju human capital unggulan bagi Bali di masa depan. 

Ratu Tiara

Komentar