Berita Hari Ini : Kelaparan Menghantui Bali Timur, Ditemukan Gak Makan 2 Hari

(Newsteen) - Kelaparan di Bali Timur terlihat meningkat karena sektor pariwisata yang hancur. Kurangnya sumber daya yang dipadukan dengan kekeringan jangka panjang di wilayah tersebut telah membuat masyarakat Bali Timur sangat membutuhkan bantuan.

The Solemen Foundation Indonesia adalah organisasi amal untuk lansia dan penyandang cacat di Bali. Perwakilan dari organisasi tersebut, Sarah Chapman menyatakan bahwa kelaparan di Bali Timur tumbuh di luar kendali karena kurangnya sumber daya.

Kawasan yang saat ini diprioritaskan adalah Karangasem, lokasi terpencil di Bali Timur. Selain kelaparan, kawasan itu juga mengalami kemarau panjang.

Project Manager of Scholars of Rezeki Foundation (SOS) Bali, DJ Benton mengatakan, daerah Karangasem telah menghadapi bahaya kelaparan jauh sebelum pandemi dimulai.

“Dari 15.000 warga Karangasem, 1/3 diantaranya mengalami gizi buruk,” kata Benton. Pendanaan dari industri pariwisata telah berkurang sejak pandemi melanda.

Kelaparan juga mempengaruhi kelas menengah, karena banyak yang kehilangan pekerjaan dengan meningkatnya pengangguran. "Selama keadaan ekstrim ini, tim kami telah menemukan individu yang tidak makan selama lebih dari dua hari," kata Benton.

Ratu Tiara 


Komentar