Berita Hari Ini : Mayoritas Orang Indonesia Gak Percaya Vaksin Covid 19

 

(Newsteen) - Mayoritas orang Indonesia ragu akan keefektifan vaksin COVID-19 di tengah kekhawatiran yang terus-menerus atas keamanan dan kemanjuran vaksin virus korona tersebut, berdasarkan temuan survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC).

Survei nasional, yang dilakukan antara 16 dan 19 Desember dari jajak pendapat dengan 1.202 orang, menemukan bahwa hanya 37 persen responden yang bersedia diinokulasi begitu vaksin virus corona tersedia untuk penggunaan publik.

Sebaliknya, 40 persen responden masih belum yakin dengan suntikan vaksin, sedangkan 17 persen sisanya menyatakan tidak setuju dengan upaya vaksinasi.

Manajer kebijakan publik SMRC Tati Wardi mengatakan persentase responden yang bersedia divaksinasi turun secara signifikan dari yang tercatat pada penelitian sebelumnya.

“Menurut survei pekan lalu, mereka yang mau mengikuti program vaksinasi mencapai 54 persen, tapi sekarang sudah turun menjadi hanya 37 persen,” katanya saat diskusi online, Selasa.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa 23 persen responden meragukan keamanan vaksin, sementara 56 persen yakin bahwa vaksin tidak akan menimbulkan bahaya kesehatan. 20 persen sisanya tetap ragu-ragu tentang masalah ini.

Tati mengatakan, meski persentase responden yang yakin akan keamanan vaksin lebih tinggi dibandingkan dengan responden yang berpandangan sebaliknya, namun temuan terkini menunjukkan adanya penurunan kepercayaan masyarakat.

Ratu Tiara

Komentar