Berita Hari Ini : Tersangka Korupsi Dibebaskan Oleh Hakim

 

(Newsteen) - Hakim Pengadilan Negeri Denpasar yang memimpin sidang kasus korupsi tersangka bos Bank BPR Legian, Titian Wilaras, 55 tahun, membuat keputusan mengejutkan kemarin.

Dalam putusan yang tidak terduga, majelis hakim yang dipimpin Engeliky Handajani Hari membebaskan terdakwa yang dituntut jaksa penuntut umum hukuman penjara 12 tahun pada Oktober.

Dalam putusan yang dibacakan di Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis (17/12), hakim menyatakan bahwa terdakwa Titian Wilaras tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana Pasal 50A Undang-Undang Nomor 7/1992 tentang Perbankan yang dijerat jaksa. 

“Terdakwa Titian Wilaras akan dibebaskan,” kata Hakim Engeliky dalam putusan yang dikutip dari NusaBali.

Dalam putusannya, majelis hakim mengabaikan pertimbangan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Bagus Putu Swadharma Diputra yang sebelumnya menuntut hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp. 10 miliar.

Atas keputusan tersebut, tersangka langsung menerimanya. Sementara itu, Jaksa Penuntut Bagus Putu Swadharma mengungkapkan pemikirannya. “Kami sedang mempertimbangkan untuk naik banding,” kata jaksa di akhir persidangan.

Sementara itu, Titian Wilaras yang ditemui wartawan langsung mengucapkan terima kasih. Ia juga menegaskan bahwa dirinya tidak bersalah atas dugaan tindak pidana tersebut. 

“Saya bersyukur, Tuhan sangat peduli. Karena saya tidak bersalah, ”katanya sambil menangis haru.

Ditanya tentang rencana kedepannya, Titian akan memberikan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19. 

“Saya akan memberikan bantuan sosial untuk warga terdampak Covid-19,” kata pengusaha yang juga merupakan pemilik sebagian diskotek di Kuta, Sky Garden.

Dana milik PT. BPR Legian untuk kepentingan pribadi tergugat dengan total transaksi Rp 23,1 miliar termasuk pembelian mobil mewah seperti Toyota Alphard, Mercy, Porche, dan kepentingan pribadi lainnya. 

Selain transfer, biaya juga berupa cek ke beberapa nama, seperti anak terdakwa dan anggota keluarga lainnya.

Ratu Tiara 

Komentar