Berita Hari Ini : BATAL!! Kereta Super Cepat Malaysia - Singapura

(Newsteen) - Singapura dan negara tetangga Malaysia membatalkan rencana pembangunan jalur kereta api berkecepatan tinggi setelah gagal menyetujui perubahan, kata para pejabat setempat.

Jaringan rel sepanjang 350 kilometer (217 mil) itu diharapkan memangkas waktu perjalanan antara Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia, menjadi 90 menit dari empat jam lebih dengan menggunakan mobil.

Singapura dan Malaysia menandatangani kesepakatan untuk membangun jalur kereta peluru pada tahun 2016, tetapi nasibnya diragukan setelah terpilihnya Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dua tahun kemudian.

Mahathir bermaksud membatalkan proyek tersebut untuk meninjau kembali proyek infrastruktur besar yang disetujui oleh pendahulunya yang tercemar skandal upaya memotong utang negara.

Konstruksi kemudian ditangguhkan selama dua tahun atas permintaan Malaysia, dengan rencana operasi pada tahun 2031. Namun akhirnya, proyek tersebut dihentikan setelah batas waktu terakhir pada 31 Desember, dan setelah kedua pemerintah gagal mencapai kesepakatan atas perubahan yang diusulkan oleh Malaysia.

“Sehubungan dengan dampak pandemi COVID-19 terhadap ekonomi Malaysia, Pemerintah Malaysia mengusulkan beberapa perubahan pada proyek ini,” kata pernyataan bersama oleh Perdana Menteri Malaysia saat ini Muhyiddin Yassin dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

"Kedua Pemerintah berdiskusi sehubungan dengan perubahan ini dan belum dapat mencapai kesepakatan."

Ratu Tiara 

Komentar