Berita Hari Ini : Finalis Miss Universe Transgender Pertama Berasal dari Nepal

 

(Newsteen) - Ketika Angel Lama berjalan di catwalk final Miss Universe Nepal pada hari Rabu, dia menjadi sejarah sebagai wanita transgender pertama yang menjadi finalis dalam acara tahunan paling glamor di negara Himalaya itu.

Nepal menjadi salah satu negara di dunia yang menerima kontestan transgender di kontes nasional mereka dan menjadi negara ketiga di Asia setelah Myanmar dan Mongolia, menurut aktivis LGBT +.

Langkah ini dilakukan setelah manajemen baru melonggarkan kriteria untuk tinggi, berat badan, dan penampilan, dan mengizinkan "wanita berani, cantik, dan percaya diri" antara 18 dan 28 tahun untuk berpartisipasi.

Nepal yang mayoritas Hindu telah membuka ruang bagi kaum LGBT sejak pemberontakan Maois selama satu dekade berakhir pada 2006 dan monarki feodal dihapuskan. Pada tahun 2008, seorang legislator gay secara terbuka terpilih.

Mahkamah Agung memutuskan tindakan anti-diskriminasi pada tahun 2007 dan menerapkan langkah-langkah untuk menjamin hak yang sama bagi orang LGBT + sebagai warga negara, yang mengarah pada parade Pride pertama pada tahun 2010, dan berkomitmen untuk memasukkan orang-orang LGBT + dalam sensus 2021.

Ratu Tiara

 

 

Komentar