Berita Hari Ini : Indonesia Akan Terapkan Kebiri Kimiawi Untuk Predator Anak

(Newsteen) - Terpidana pelecehan anak akan menjalani kebiri kimia sebagai hukuman tambahan berdasarkan peraturan pemerintah terbaru yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Peraturan tersebut ditandatangani Jokowi pada 7 Desember 2020, menurut salinan dokumen di situs resmi Sekretariat Kementerian Negara. Peraturan tersebut merupakan tindak lanjut dari peraturan pemerintah tahun 2016 sebagai pengganti undang-undang tentang perlindungan anak.

Peraturan tersebut mengizinkan pengebirian kimiawi melalui suntikan atau metode lain bagi mereka yang dihukum karena memaksa anak di bawah umur melakukan hubungan seksual dengan diri mereka sendiri atau orang lain.

Zat kimia tersebut akan menumpulkan libido pelaku seks hingga dua tahun. Pidana dijatuhkan apabila tindak pidana tersebut melibatkan lebih dari satu korban dan mengakibatkan luka parah, gangguan jiwa, penyakit menular, gangguan atau hilangnya fungsi reproduksi, dan / atau kematian korban.

Selain pengebirian kimiawi, terdakwa harus memakai gelang pelacak selama dua tahun. Identitas mereka juga akan diumumkan ke publik.

Gelang pelacak wajib dan pengungkapan identitas juga akan berlaku bagi mereka yang dihukum karena tindakan cabul dengan anak-anak.

Ratu Tiara

Komentar