Berita Hari Ini : Jusuf Kalla Jadi Perantara Perjanjian Perdamaian di Afghanistan

(Newsteen) - Mantan wakil presiden Jusuf Kalla tiba di Kabul, Afghanistan, pada Rabu pagi waktu setempat untuk memenuhi undangan pemerintah setempat, yang meminta nasihatnya tentang upaya perdamaian yang melibatkan kamp-kamp yang bertikai.

Duta Besar Indonesia untuk Afghanistan Arief Rachmand mengatakan Jusuf Kalla menuju ke Istana Haram Sarai untuk serangkaian pertemuan dengan para pemimpin setibanya di sana.

“Kedatangan JK sudah lama tertunda untuk membantu mencari solusi perdamaian di Afghanistan, ”kata Arief dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara Kalla mengatakan, mantan wakil presiden tersebut aktif mendorong perundingan damai di Afghanistan. Presiden Joko Widodo saat itu juga mengunjungi negara tersebut pada Januari 2018 untuk melakukan pembicaraan dengan mitranya dari Afghanistan Ashraf Ghani.

Kunjungan Kalla ini atas persetujuan penggantinya Ma'ruf Amin, yang mendukung inisiatif dan bahkan menambahkan beberapa bahan untuk diskusi, menurut juru bicara Kalla, Husain Abdullah.

Di Indonesia, Kalla berperan penting dalam perantara perdamaian antara pemerintah dan gerakan pemberontakan di Aceh tahun 2004, ketika ia menjadi wakil presiden pada masa kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono.

Kalla juga memprakarsai perjanjian damai antara umat Kristen dan Muslim di kota Poso, Sulawesi Tengah yang bergolak pada tahun 2001, ketika ia menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

Ratu Tiara


Komentar